Sunday 15 April 2012

City dekati United Berkat Hattrick Tevez


NORWICH - Carlos Tevez menjadi bintang saat Manchester City bertandang ke markas Norwich City pada lanjutan kompetisi Premier League, Sabtu (14/4/2012). Hattrick-nya membawa The Citizens menang 6-1, sekaligus memangkas jarak dengan Manchester United menjadi hanya dua poin.

Tandang ke Carrow Road, markas Norwich, City langsung tampil menekan, dengan mengandalkan duet Argentina Sergio Aguero dan Carlos Tevez di lini depan. Namun, kubu tuan rumah tak lantas bermain bertahan. Norwich di luar dugaan meladeni permainan terbuka The Citizens.

Norwich yang mendapat dukungan penuh publik tuan rumah bahkan lebih dulu mengancam gawang Joe Hart pada menit ke-7. Memanfaatkan serangan balik cepat, Anthony Pilkington yang berlari dari tengah lapangan sukses melewati hadangan Pablo Zabaletta dan melepaskan tembakan dari sisi gawang. Sayang, tendangan kaki kanannya masih melebar.

City langsung merespon semenit berselang. Gareth Barry mengirim umpan terobosan ke kotak penalti yang diterima Tevez. Sejurus kemudian, Carlitos memberikan umpan balik ke David Silva yang langsung menyambutnya dengan sepakan keras dari jarak dekat. Sayang, tendangan Silva masih bisa dimentahkan kiper Norwich, John Ruddy.

City mengklaim hadiah penalti pada menit ke-10, menyusul terjatuhnya Tevez di kotak terlarang. Namun, bukannya menunjuk titik putih, wasit Chris Foy justru memberikan kartu kunig kepada Tevez yang diklaim melakukan diving. Padahal, dalam tayangan ulang, terlihat jelas bahwa Tevez terjatuh karena mendapat ganjalan dari Ryan Bennet, bek Norwich.

Norwich mendapat peluang emas mencetak gol pada menit ke-15, melalui tandukan Grant Holt. Namun sial bagi Norwich, Joleon Lescott sukses menghalau laju bola yang meluncur deras ke gawang Hart dengan kepalanya.

City yang terus menekan akhirnya sukses membuka keunggulan tepat di menit ke-20. Silva memberikan umpan kepada Tevez yang langsung melepaskan tendangan spektakuler dari luar kotak penalti, tanpa mampu dibendung Ruddy. 1-0 untuk City dan gol kedua Tevez musim ini.

City tak butuh lama untuk menggandakan keunggulan. Pada menit ke-27, duo Argentina, Tevez dan Aguero menampilkan kerja sama apik dalam membongkar pertahanan Norwich. Sebauh umpan backheel Tevez, disambut tendangan mematikan Aguero untuk merobek jala gawang Ruddy. City semakin di atas angin dengan keunggulan 2-0.

Tertinggal dua gol, Norwich berupaya keras mengejar defisit. Pada menit ke-34, Grant Holt kembali mendapat peluang cetak gol. Sayang, kali ini dia harus kembali gigit jari lantaran tembakan first time-nya dari dalam kotak penalti masih bisa dimentahkan Joe Hart. Skor 2-0 untuk City bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Norwich langsung menggebrak dan sukses memperkecil ketertinggalan di menit ke-51. Bola muntah hasil tepisan Hart saat memotong umpan silang, berhasil dikontrol dengan baik oleh Andrew Surman yang baru masuk di awal babak kedua. Sepakan keras Surman dari dalam kotak penalti gagal dibendung Hart.

Skor 1-2 membuat pertandingan berlangsung kian menarik. Para punggawa Norwich kian berani menekan, sementara City juga tak mengendurkan intensitas serangan. Di menit ke-56, City bahkan punya peluang kembali menjauh. Sayang, sepakan keras Aguero dari dalam kotak penalti masih mampu diblok Ruddy.

City yang terus menekan akhirnya sukses menjauh di menit ke-73. Tevez kembali mencatatkan namanya di papan skor usai sundulannya memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Yaya Toure, gagal dibendung Ruddy.

Seakan tak ingin kalah dari Tevez, Aguero turut mencetak gol keduanya dua menit berselang. Tendangan keras dan melengkung mantan bomber Atletico Madrid meluncur deras ke pojok gawang Ruddy. City kini unggul jauh 4-1.

Tevez benar-benar menjadi bintang pada pertandingan ini. Bomber yang sempat dikucilkan dari skuad karena bersitegang dengan Roberto Mancini, sukses mencetak hattrick pada menit ke-80. Memanfaatkan kesalahan Ryan Bennett dalam melakukan backpass (terlalu lemah), Tevez sukses mengambil bola untuk kemudian mengecoh Ruddy dan menceploskan bola ke gawang kosong.

City masih terus menekan di sisa lima menit pertandingan. Di masa injury time, Aguero berpeluang mengikuti Tevez, mencetak hattrick. Sayang, tembakannya masih membentur tiang. Tak berapa lama berselang, Adam Johnson akhirnya menutup pesta gol City dengan golnya di penghujung laga. Skor 6-1 bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, City terus menjaga peluang merebut gelar juara musim ini. City bahkan terus memberi tekanan kepada Manchester United dengan hanya berselisih dua poin. Akan tetapi, United punya peluang menjaga gap tetap lima poin, saat melawan Aston Villa, besok.

Susunan Pemain:
Norwich City:
Ruddy; Martin, Ward, R. Bennett, Drury; E. Bennett, Howson, Johnson/Hoolahan (46'), Pilkington/Surman (46'); Holt, Wilbraham/Morison (68')

Manchester City: Hart; Zabaleta, Kompany, Lescott, Clichy; De Jong, Barry, Silva/Johnson (76'), Nasri; Aguero, Tevez/Richards (81')

okezone.com