Sunday 29 April 2012

Dihajar Wigan, Posisi Newcastle Terancam




WIGAN, KOMPAS.com - Wigan Athletic menang telak 4-0 atas Newcastle United dalam laga lanjutan Premier League, Sabtu (28/4/2012). Kekalahan ini membuat posisi empat yang diduduki Newcastle terancam.

Saat ini, Newcastle ada di peringkat keempat dengan 62 poin. Mereka hanya unggul tiga poin dari Tottenham Hotspur yang ada di peringkat kelima. Selisih ini bisa saja terpangkas jika Tottenham mampu meraih kemenangan saat menjamu Blackburn Rovers, Minggu (29/4/2012).

Kedua tim sama-sama bermain ngotot karena ingin memetik tiga poin. Wigan butuh angka penuh karena ingin menjauh dari zona merah, sementara Newcastle ingin menjaga posisi mereka di zona Liga Champions.

Namun, Wigan bermain lebih efektif di babak pertama. Dari lima kesempatan emas yang didapat, tuan rumah mampu memanfaatkan empat di antaranya dan membuat mereka unggul 4-0.

Gol pertama dilesakkan oleh Victor Moses lewat sundulan pada menit ke-13, memanfaatkan umpan Emerson Boyce. Dua menit berselang, Moses mencetak gol keduanya. Kali ini ia menundukan kiper Tim Krul dengan sepakan kaki kanannya.

Wigan menambah pembendaharaan golnya pada menit ke-36. Tembakan kaki kanan Shaun Maloney membuat bola menghujam sudut kanan bawah gawang Newcastle.

Memasuki menit tambahan di babak pertama, Wigan kembali mencuri gol. Kali ini Maloney menjadi kreator dengan memberikan umpan manis hingga diselesaikan Franco Di Santo menjadi gol keempat.

Pada babak kedua, Newcastle berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Namun, dewi fortuna belum mau berpihak kepada mereka.

Upaya dari Papiss Cisse pada menit ke-63 masih mentah di tangan kiper Ali Al Habsi. Satu menit kemudian, tembakan kaki kanan pemain Senegal ini juga gagal berbuah gol karena bola hanya membentur mistar gawang. Cisse benar-benar sial pada pertandingan ini. Upayanya lewat sundulan pada menit ke-71 kembali hanya membentur mistar gawang.

Newcastle yang tak punya waktu banyak untuk mengejar defisit empat gol tampak pasrah. Tak ada peluang yang mampu mereka ciptakan di sisa laga. Hasilnya, Newcastle pun tertunduk lesu saat keluar dari lapangan hijau.

Susunan pemain
Wigan: 26-Ali Al Habsi, 5-Gary Caldwell, 31-Maynor Figueroa, 3-Antolín Alcaraz, 22-Jean Beausejour, 17-Emmerson Boyce, 16-James McArthur, 4-James McCarthy, 10-Shaun Maloney, 11-Victor Moses (14-Jordi Gomez) , 9-Franco Di Santo (18-Conor Sammon 69)

Newcastle: 26-Tim Krul, 2-Fabricio Coloccini, 6-Michael Williamson, 3-Davide Santon, 5-Danny Simpson (14-James Perch 81), 24-Ismael Cheik Tiote, 18-Jonás Gutierrez, 4-Yohan Cabaye (31-Shane Ferguson 84), 19-Demba Ba, 9-Papiss Demba Cisse, 10-Hatem Ben Arfa (16-Ryan Taylor 74)