Monday 7 May 2012

United Jaga Peluang Raih Gelar Juara






MANCHESTER - Manchester United berhasil meraih poin sempurna usai mengalahkan Swansea City dengan skor 2-0 dalam lanjutan Premier League di Old Trafford, Minggu (6/5/2012). Dua gol United berhasil dicetak oleh Paul Scholes dan Ashley Young.

Dengan kemenangan ini United kembali menyamakan poin sang pemuncak klasemen Premier League, Manchester City, yaitu 86 poin. Yang mana membuat peluang United meraih gelar juara liga tetap terbuka.

Namun, United masih kalah dalam selisih gol tercatat hingga saat ini mereka terpaut delapan gol dari The Citizens. Sedangkan, bagi Swansea sendiri kekalahan ini tetap membuat mereka berada di posisi ke-12 dengan 44 poin

Babak Pertama:
Menjamu Swansea City, pasukan Setan Merah harus dikejutkan oleh tim tamu di menit ketiga lewat Danny Graham yang berhasil merangsek masuk ke daerah kotak penalti. Sayang, Dyer yang menerima umpannya gagal menjangkau bola.

Demi meraih poin sempurna para pemain United langsung mencoba membalikan keadaan dengan terus tampil menekan. Di menit ke-18 Wayne Rooney berhasil memberikan umpan terobosan kepada Michael Carrik, tapi bola masih ditahan bek dari Swansea.

Memasuki menit ke-26 giliran Antonio Valencia yang mendapatkan peluang menctak gol pembuka usai mendapatkan umpan dari Ashley Young. Namun, usahanya tersebut masih mampu digagalkan oleh Williams yang tampil cukup apik di lini belakang Swansea.

Akhirnya, kebuntuan United terpecahkan di menit ke-28 lewat gol dari Paul Scholes. Gol yang tercipta dari umpan manis Michael Carrick yang berada di dalam kotak penalti dan meneruskannya ke Scholes yang berbuah menjadi gol. United pun unggul 1-0 atas tamunya.

Meski sudah unggul 1-0 United tidak melemahkan serangannya, malah di menit ke-34 mereka nyaris menggandakan gol lewat Rooney. Namun, tendangan dari luar kotak penalti tersebut masih melambung tinggi di atas gawang Swansea.

Ashley Young akhirnya berhasil menggandakan keunggulan United menjadi 2-0 pada menit ke-41. Young berdiri bebas di dalam kotak penalti berhasil memanfaatkan bola muntah dari sepakan Rooney yang ditahan oleh bek Swansea.

Gol tersebut menjadi gol penutup di babak pertama. Sementara, United unggul 2-0 atas Swanse City.

Babak Kedua:
Memasuki babak kedua, United mencoba untuk tampil lebih impresif sejak menit-menit awal. Peluang emas United untuk membuka gol di babak kedua ini tercipta di menit ke-52.

Tetapi, umpan terobosan Rooney dari sisi kanan kotak penalti masih cukup kencang dan tak dapat dimanfaatkan oleh Young sudah berdiri bebas. Young kembali menciptakan peluang di menit ke-57 lewat sepakan kerasnya dari jauh, tapi berhasil ditepis kiper Michel Vorm.

Javier ‘Chicharito’ Hernandez hampir mencetak gol dalam laga ini di menit ke-59. Akan tetapi tandukannya yang memanfaatkan umpan dari Valencia masih terbang menjauh dari gawang Swansea.

Hingga pertengahan babak kedua ini Setan Merah masih mendominasi jalannya pertandingan. Sedangkan, Swansea hanya sesekali memberikan ancaman ke gawang De Gea, seperti yang terjadi di menit ke-63 lewat Nathan Dyer.

Swansea hampir mencetak gol pertamanya di laga ini di menit ke-70 lewat tendangan bebas. Sayang, tendangan bebas yang cukup keras dari Dyer masih mampu ditahan oleh kiper De Gea.

Menit ke-74 lagi-lagi Rooney harus membuang peluang emas untuk mencetak gol. Pasalnya, Rooney yang sudah berdiri bebas dan mendapatkan umpan yang cukup baik dari Valencia harus melebar tendangannya.

Pelatih Sir Alex Ferguson akhirnya menarik keluar Rooney yang terus mengalami kebuntuan dalam mencetak gol di menit ke-78 dengan memasukan Dimitar Berbatov. Namun, hingga menit ke-87 Berba masih belum mendapatkan peluang.

Hingga babak kedua berakhir United tidak mampu mencetak gol kembali.Laga pun harus berakhir dengan kedudukan 2-0 untuk kemenangan United.

Susunan Pemain:
Manchester United:
1 David De Gea, 5 Rio Ferdinand (Rafael ’87), 3 Patrice Evra, 12 C. Smalling, 4 Philip Jones, 16 Michael Carrick, 25 A. Valencia, 18 Ashley Young, 22 Paul Scholes (Tom Cleverley ’68), 10 Wayne Rooney (Dimitar Berbatov ’78), 14 Javier Hernández

Swansea City: 1 M. Vorm, 3 N. Taylor, 2 A. Williams, 22 Àngel Rangel, 4 S. Caulker (Alan Tate ’90)  , 12 N. Dyer, 11 S. Sinclair, 27 M. Gower (Leon Britton ’46),  24 J. Allen, 42 G. Sigurdsson, 10 D. Graham.

okezone.com